Translate

Saturday, September 29, 2012

PERTEMUAN 5 KONSEP ALGORITMA




1.    Jelaskan pengertian statement
  1. While… do… end while
Jawab :
Merupakan suatu perulangan penyeleksi kondisi yang digunakan agar program dapat menyeleksi kondisi, sehingga program dapat menentukan tindakan apa yang harus dikerjakan, tergantung dari kondisi yang diseleksi. Atau dengan kata lain merupakan aksi (runtunan aksi) akan dilaksanakan berulang kali selama kondisi bernilai true, jika false maka badan pengulangan tidak akan dilaksanakan yang berarti pengulangan selesai.

  1. Repeat … until
Jawab :
Digunakan untuk mengulang statement-statement atau blok statement sampai (until) kondisi yang diseleksi di until tidak terpenuhi.

  1. For… end for
Jawab :
Digunakan untuk menghasilkan pengulangan sejumlah yang telah ditentukan sebelumnya. Jumlah pengulangan diketahui atau dapat ditentukan sebelum eksekusi.

2.      Dari soal No.1 buat masing satu dari contoh algoritma dan flowchartnya
a.       While.. do… end while
Algoritma cetak angka :
{mencetak 1,2, …, 8 ke piranti keluaran}
Deklarasi :
  k : integer
Deskripsi :
  k ← 1             {inisiasi}
while k <= 8 do
  write (k)
  k ← k + 1
endwhile

b.      Repeat… until
Algorima hitung rata-rata :
{menghitung rata-rata N buah bilangan bulat yang dibaca dari piranti masukan}
Deklarasi :
  N : integer {jumlah data > 0}
  x : integer {bil. bulat yang dibaca dari papan kunci}
  k : integer {pencacah banyaknya pengulangan}
  jumlah : integer {pencatat jumlah nilai}
  rerata : integer {rata-rata nilai}
Deskripsi :
  read (N)
  jumlah ← 0
repeat
  read (x)
  jumlah ← jumlah + x
  k ← k + 1
until k > N
rerata ← jumlah/N
write (rerata)

c.       For.. end for
Algoritma cetak kalimat :
{mencetak kalimat “C++ dan pascal” sebanyak 5 kali ke piranti keluaran}
Deklarasi :
  k : integer
Deskripsi :
for ← k to 5 do
  write (‘C++ dan Pascal’)
endfor
3.   Dengan menggunakan perintah while… do… end while buatlah contoh algoritma dan flowchart nested loop.
Jawab :
Algoritma menghitung rata-rata nilai yang diinputkan sebanyak N kali

USES CRT;
VAR
   JData,
   J, N   : byte;
   TotN : integer;
   Rata  : real;
BEGIN
   TotN := 0; Rata:= 0; J:= 1;
   write (‘Jumlah Data :’); Readln (JData);
   while J <= J Data do
BEGIN
       write (‘Nilai ke ‘,J, ‘:’);
       readln(N);
       TotN :=TotN + N;
       inc(J);
   END;
   Rata :=TotN + N;
   write (‘Nilai Rata-rata : ‘, Rata :3:0);
END
4.   Dengan perintah for…end for, buatlah algoritma dan flowchart nested loop.
Jawab :
Algoritma mendapatkan nilai maksimal dari sejumlah nilai ujian
for i=1 → 10
input nilai [i]
end for
max ← nilai [1]

for j=2 → 10
if  (nilai[j] > max)
max = nilai[j]
endif
endfor
print ma



                                       SILAHKAH COPY PASTE
                                       SEMOGA BERMANFAAT
                                                         BY 

                                       KARYANTO EL HAYKAR

PERTEMUAN 3 KONSEP ALGORITMA


1.      Sebutkan tipe data apa saja yang bisa digunakan dalam pemrograman Pascal.

Jawab :

Tipe data Char, String, Boolean, Integer, Real, Subrange, Array, Record, Array Record

 

2.      Sebutkan perintah 5 perintah Operasi String dan berikan contohnya

Jawab :

-          length     : merupakan operasi untuk panjang suatu data.

contoh     : S1='Manajemen'
S2='Manajemen Informatika'
length(S1) = 9
length(S2) = 28

 

-          substr     : merupakan sub string dimana operasi mengambil banyaknya huruf pada suatu data sesuai perintah.

contoh     :  S1='Sistem'
S2='Manajemen Informasi'
substr (S1,4,3) = tem
substr (S2,11,4) = info
Pembacaan perintah :
substr (S1,4,3) = pada data S1, mengambil huruf ke 4 pada data S1, sebanyak 3 huruf

-          concat    : merupakan operasi untuk menggabungkan suatu data dengan data yang lain.

contoh     : S1='sistem'
S2='manajemen'
S3='informatika'
concat (S1,S2) = sistemmanajemen
concat (S2,S3) = manajemeninformatika
concat (S1,S2,S3) = sistemmanajemeninformatika

-          insert      : merupakan menyisipkan suatu data pada data lain sesuai perintah.

contoh     :  S1='sistem'
S2='info'
insert (S1,S2,4) = sisinfotem
insert (S2,S1,4) = infsistemo
Pembacaan perintah :
insert (S1,S2,4) = pada data S1, menyisipkan data S2 ke data S1, data S2 disisipkan pada huruf ke 4 di data S1 dan lanjutkan dengan huruf sisa dari data S1

-          delete     : merupakan operasi untuk menghapus suatu data.

contoh     :  S1='sistem'
S2='informasi'
delete (S1,4,3) = sis
delete (S2,1,2) = formasi
Pembacaan perintah :
delete (S1,4,3) = pada pada data S1, mengambil huruf ke 4 dari data S1, hapus 3 huruf


3.      Jelaskan pengertian

a.       Array

b.      Record

c.       File

Jawab :

a.       Array (larik) merupakan tipe data tersetruktur dimana didalamnya terdiri dari komponen-komponen yang mempunyai tipe data yang sama. Didalam suatu larik atau array setiap kompoenen ditunjukan oleh suatu index yang unik. Index dari setiap komponen array menunjukan urutan data atau identitas yang mewakili data yang ada didalamnya.

b.      Record dapat diartikan “merekam” atau “rekaman”. Dalam database disebut juga sebagai kumpulan identitas dari satu objek, atau kumpulan dari beberapa field tentang satu objek.

c.       Arsip yang disimpan dalam suatu media, yang terdiri dari kumpulan karakter, dan didokumentasikan dalam bentuk data digital oleh komputer.

 

4.      Sebutkan penggunaan tipe data Boolean dalam pemrograman.

Jawab :

Tipe data Boolean mempunyai dua nilai yaitu true (benar) dan false (salah), nilai Boolean sangat penting digunakan untuk pengambilan keputusan dalam suatu program.

 

5.      Jelaskan perbedaan tipe data Character dan String

Jawab :

o       Character merupakan lambang-lambang yang terdiri dari huruf, angka, serta lambang-lambang lainnya, dibentuk dari susunan bit.

Sebagai contoh, berapa jumlah karakter "aku r"? Tentu jumlahnya adalah sama dengan 5 byte atau 5 karakter. karena spasi juga merupakan satu bentuk hasil simpanan data 1 byte, yang karakternya dilambangkan dengan spasi itu sendiri.


o       String adalah sederetan karakter yang disusun dengan urutan tertentu.

Di dalam tipe memori, string ini diartikan sebagai data yang berisi satu atau sekumpulan karakter. Dengan tipe data string kita bisa menyimpan sebuah kata seperti “bintang”, sebuah kalimat seperti “aku suka makan” atau deretan simbol-simbol seperti kode “. . . _ _ _ . . .”

PERTEMUAN 2 KONSEP ALGORITMA 1.

   Jelaskan Pengertian :
a.       Variabel Peubah
b.      Variabel Konstanta
c.       Variabel Terkini
Jawab :
a.       Variabel Peubah
Merupakan variabel yang nilainya bukan konstanta / dapat berubah-ubah (tidak tetap) sesuai dengan kondisi variabel terkini.
b.      Variabel Konstanta
Merupakan variabel yang tidak dapat berubah nilainya dan memiliki nilai yang sama/tetap dalam proses.
c.       Variabel Terkini
Merupakan variabel yang didapat dari hasil proses pertukaran


2.      A=100, B=200, C=300. Berikan perintah agar nilai A, B, dan C saling bertukar.
Jawab :
Diberikan algoritma : A=B, B=C, C=A, maka nilai A=200, B=300 dan C=100.

3.      Diketahui Algoritma:
X = 5, Y = 20, Z = 40
A = X + Y + Z
X = Z – Y
Z = X + Y
Y = X – Z
Berapakah nilai terkini dari A, X, Y, Z?
Jawab :
X = 5, Y = 20, Z = 40
A = 5 + 20 + 40 = 60
X = 40 – 20 = 20
Z = 20 + 20 = 40
Y = 20 – 40 = -20
Jadi Nilai terkini A = 60, X = 20, Y = -20, dan Z = 40

4.      Bagaimana cara penulisan perintah dibawah ini pada c++
a.       Memasukkan data / Input data
b.      Mencetak dalam satu baris
c.       Mencetak pada lain baris
d.      Mengawali dan mengakhiri program
Jawab :
  1. Read / Readln
  2. Write
  3. Writeln
  4. Begin & End.


                                       SILAHKAH COPY PASTE
                                       SEMOGA BERMANFAAT
                                                         BY 

                                       KARYANTO EL HAYKAR

PERTEMUAN 1




1.        Jelaskan peranan algoritma dalam pembuatan program
Jawab :
Peranan algoritma dalam pembuatan program adalah terbentuknya rancangan-rancangan program yang terstruktur/berurutan dan berintegrasi dalam pengambilan keputusan untuk pemecahan masalah

Peranan Algoritma buat program sangat besar, karena untuk membangun suatu program terlebih dahulu harus membuat algoritmanya lalu diterjemahkan kedalam bahasa-bahasa pemrograman misal : c++ atau pascal.
Untuk program-program sederhana boleh saja kita tidak menuliskan algoritmanya, dengan kata lain langsung ditulis dalam bentuk kode program misal : turbo c++ tetapi tetap saja algoritma itu sendiri merupakan kerangka pemrograman.

2.      Buat Algoritma bila seorang mahasiswa akan melakukan pembayaran uang kuliah via ATM

Jawab :
Algoritma Pembayaran Kuliah Via ATM
1.        Masukkan kartu ATM ke mesin ATM
2.        Ketikkan kode PIN
3.        Pilih Menu Pembayaran/Pemindahbukuan
4.        Masukkan nomor rekening tujuan
5.        Masukkan nomor induk mahasiswa
6.        Isi jumlah uang yang akan ditransfer
7.        Transaksi berhasil/selesai
8.        Ambil kartu ATM.
4.                    Jelaskan pengertian pseudocode dan berikan contohnya
Jawab :
Pseudocode merupakan algoritma yang menggunakan bahasa sehari-hari, dan rancangan harus jelas dan terstruktur.

Contoh:
Algoritma untuk menghitung faktorial dari N.
o       iTampung=1
o       for i=1 to N do
o       iTampung=iTampung*i
o       end for
o       display ”Faktorial dari ”,N,” adalah ”,iTampung,N

5      Sebutkan cara menyatakan Algoritma
Jawab :
-         Dengan bahasa semu (pseudocode).
-         Dengan diagram alur atau flowchart.
-         Dengan statement program/penanggalan program.

Thursday, September 27, 2012

Kegunaan Mempelajari Sejarah

Belajar sejarah banyak kegunaannya dalam kehidupan sekarang atau untuk masa yang akan datang. Sejarah dapat memberikan gambaran dan menjadi pedoman bagi suatu bangsa untuk melangkah dari kehidupan masa kini ke masa yang akan datang. Tiap-tiap individu pada setiap bangsa dan negara harus memiliki kesadaran akan arti pentingnya sejarah. 

Kesadaran sejarah merupakan dimensi yang memuat konsepsi waktu yang dimiliki manusia yang berbudaya. Kesadaran sejarah yang tercermin pada individu akan lebih bermanfaat jika bersifat kolektif, sebab sebagai ungkapan masyarakat bersama terhadap situasi yang ada, baik politik, ekonomi, sosial, dan budaya yang mampu membangun perasaan senasib sebagai suatu anggota bangsa dan negara. 

Pengalaman yang dimiliki oleh suatu masyarakat di masa lampau merupakan pengalaman yang bernilai sejarah dan berharga bagi bangsa tersebut pada masa kini, sebab akan memberikan bantuan daya pikir dan tindakan yang bijaksana. Oleh karena itu,sejarah memiliki arti yang penting bagi kehidupan berbangsa dan bernegara.

1.Kegunaan edukatif (memberi pelajaran)

Mempelajari sejarah berarti belajar dari pengalaman yang pernah dilakukan masyarakat, baik pada masa sekarang atau masyarakat sebelumnya. Keberhasilan di masa lampau akan dapat memberi pengalaman pada masa sekarang. Sebaliknya, kesalahan masyarakat di masa lampau akan menjadi pelajaran berharga yang harus diwaspadai di masa kini. 
Dengan mempelajari sejarah, orang dapat menemukan hukum yang menguasai kehidupan manusia, bahkan dengan belajar sejarah kita dapat berbuat bijaksana untuk menghadapi masa depan (ingat belajar sejarah akan bijaksana lebih dahulu). Oleh karena itu, belajarlah dari sejarah karena sejarah dapat mengajarkan kita apa yang telah dilakukan sebelumnya. Contoh:  Keberhasilan Kerajaan Majapahit akan memberi pelajaran bagi masyarakat sekarang untuk bekerja keras, bersatu dalam satu tujuan untuk mencapai masyarakat adil makmur. Sebaliknya, perang saudara menyebabkan kelemahan negara yang akhirnya meruntuhkan Majapahit (ingat Perang Paregreg di Majapahit).


2.Sejarah berguna memberikan inspirasi (ilham kepada kita)

Berbagai kisah sejarah yang terjadi memberikan inspirasi (ilham). Misalnya, Pangeran Diponegoro berusaha melawan dengan sistem gerilya terhadap pasukan Jenderal De Kock, dan selama 5 tahun ia berhasil memorak-porandakan pihak Belanda. Begitu juga perjuangan rakyat Indonesia dalam gerakan nasional yang ditandai lahirnya Budi Utomo memberikan inspirasi bagi kita untuk hidup kreatif, bersatu, dan selalu mengutamakan persatuan untuk tercapainya Indonesia merdeka. Sikap rela berkorban demi persatuan dan berjuang tanpa pamrih telah ditunjukkan oleh para tokoh organisasi pergerakan nasional Indonesia. 

Bangsa Indonesia sudah memasuki kebangkitan nasional yang kedua berusaha mengejar ketinggalan dalam era globalisasi ilmu dan teknologi, suatu masa di mana kita harus meningkatkan persatuan serta patriotisme untuk membawa bangsa Indonesia menuju masa depan yang lebih baik dari masa sekarang.

3.Sejarah dapat berguna sebagai rekreatif 

Sejarah dapat memberikan kesenangan dan rasa estetis karena penulisan sejarah mampu menarik pembaca berekreasi tanpa beranjak dari tempat. Kita dapat menyaksikan peristiwa- peristiwa yang telah lampau dan jauh terjadinya. Kita seolah-olah mengelilingi negeri jauh dan menyaksikan peristiwa yang terjadi pada masa lampau, 


misalnya, pembangunan Taman Bergantung di Babilonia atau Taj Mahal di Agra India. Kita dapat melihat keindahan dan kehebatan masyarakat pada waktu itu. Maka melalui kegunaan rekreatif ini akan mendorong masyarakat untuk maju dan lebih terbuka, dapat bergaul dengan siapa pun, menyenangi ilmu dan teknologi, disiplin, bekerja keras, menghormati hukum, inovatif, produktif, serta mau bekerja sama untuk mencapai cita-cita bangsa.

Proses rekreasi terhadap berbagai peristiwa di masa lampau memungkinkan orang untuk bercermin diri. Orang yang maju pasti akan lebih dinamis sebab melihat adanya masa depan yang cerah yang didasarkan pada pengalaman masa lalu yang indah dan menarik.