Translate

Saturday, May 22, 2010

Kewajiban orang tua kepada anaknya

Kita hidup di dunia ini bukan cuma numpang hidup, bukan hanya menikmati apa yang tersedia di bumi ini, kita diciptakan sebagai makhluk oleh-Nya memiliki kewajiban masing-masing selain untuk menjalankan segala perintah-Nya.

Begitu pula orang tua memiliki kewajiban tersendiri kepada anak-anaknya. Langsung saja beberapa kewajiban yang harus diberikan kepada anak-anaknya.
1. Memberikan nama yang baik kepada anaknya
2. Mengakikahkan
3. Membimbing dan memberikan pengetahuan baik untuk duniawi maupun akhirat
4. Memfasilitasi untuk hidupnya
5. Menikahkan anaknya.

Jika ketiga kewajiban tersebut sudah diberikan maka orang tua tersebut sudah lepas tangan kepada anaknya

mohon dimaklumi jika ada kekurangan dan salah-salah kata.

Wednesday, February 24, 2010

Merubah file MP4 menjadi MP3


Memainkan sebuah file audio format MP4 pada sebuah MP3 player sangat mungkin dilakukan. Yang harus dilakukan hanyalah mengubah (convert) file MP4 menjadi sebuah file MP3. Berikut akan dijelaskan langkah-langkah untuk melakukan hal tersebut.

Download Software yang diperlukan

Hal terpenting yang diperlukan adalah memiliki sebuah software converter untuk merubah file MP4 mejadi MP3. Software semacam ini sangat mudah ditemukan dan banyak tersedia mulai dari versi berbayar maupun versi gratis di internet.

Langkah Merubah MP4 menjadi MP3

Pertama tentu saja anda harus mempunyai software converter dan menginstall software tersebut pada komputer. Langkah selanjutnya adalah anda tinggal mengikuti instruksi dari software tersebut sampai selesai.

Perbedaan antara MP3 dan MP4

Sekarang kita sudah mengetahui cara merubah sebuah file MP4 menjadi MP3, danmungkin akan sangat berguna bagi kita untuk mengetahui pula perbedaan antara kedua jenis file tersebut. Istilah MP3 adalah nama singkat untuk MPEG-1, Layer 3 files. File jenis ini memiliki ukuran yang kecil namun memiliki kualitas audio yang bagus dandapat dimainkan pada MP3 player dan software lainnya. File MP3 dapat dibuat dengan mudah menggunakan komputer yang telah terinstall software yang memiliki kemampuan untuk membuat copy lagu dari CD ke dalam komputer. Sebuah encoder juga diperlukan apabila anda menginginkan melakukan convert dari berbagi jenis file musik ke dalam format MP3.

Istilah MP4 adalah singkatan dari MPEG4 Part 14 files. File jenis ini berukuran besar yang digunakan untuk menyimpan file audio dan video. File MP4 mampu digunakan untuk memutar video streaming dengan kualitas yang bagus pada internet, juga disertakan sebagai fitur pada beberapa telepon seluler. Software untuk memainkan file ini sangat banyak tersedia di internet untuk didownload ke dalam komputer ataupun teleppn seluler.

Sebenarnya terdapat dua macam file MP4. Jenis pertama adalah yang dikenal sebagai Simple Profile yang biasanya digunakan untuk video digital yang hanya memiliki resolusi rendah. Jenis ini umumnya digunakan untuk file MP4 yang didistribusikan melalui internet. Jenis kedua dari file MP4 adalah Advanced Video Coding yang umumnya digunakan untuk HDTV karena memiliki format dengan kualitas yang lebih tinggi.



Saturday, January 23, 2010

Pengertian Sampah

Sampah biasa kita artikan sebagai suatu benda yang terbuang atau sengaja dibuang dari aktifitas manusia/alam yang belum memiliki nilai ekonomis.
Secara garis besar sampah dibedakan menjadi tiga jenis yaitu:
1. Sampah anorganik/kering
sampah yang tidak dapat diuraikan/dibusukan secara alami contoh: logam, plastik, karet, botol dll
2. Sampah organik/basah
Sampah yang dapat di urai secara alami contoh: sampah dapur, sisa sayuran dll
3. Sampah berbahaya
Sampah jenis ini sangat berbahaya untuk kehidupan makhluk hidup. Selain sampah ini mengandung racun/zat kimia berbahaya contoh: batterey, botol racun nyamuk, jarum suntik dll
Sampah dapat mengakibatkan permasalahan bagi makhluk hidup jika pengolahannya salah, tapi sampah juga dapat menguntungkan bagi manusia jika sampah itu dimanfaatkan dengan baik.

A. Pemanfaatan sampah untuk keuntungan manusia
1. Sampah organik dapat dibuat pupuk organik dengan cara metode pengkomposan dan dapat menghasilkan nilai ekonomi yang tinggi selain itu membuat tanaman lebih subur.
2. Mendaur ulang sampah yang masih bisa didaur ulang contoh: plastik,logam botol dll. Dengan cara ini dapat menghemat bahan produksi dan sumber daya alam yang semakin sedikit.
3. Sampah membantu para pemulung untuk sebagai mata pencaharian sehari-hari.

Jika sampah bisa dimanfaatkan dengan baik maka tercipta lingkungan yang bersih, indah, dan nyaman.

B. Pembuangan sampah yang tidak memenuhi persyaratan dapat menimbulkan dampak negatif diantaranya:
1. Pencemaran lingkungan
Sampah dari berbagai sisah barang yang sudah tidak dibutuhkan lagi tentunya dapat mencemari lingkungan baik darat, udara maupun perairan.
2. Penyebab penyakit
Sampah yang menumpuk dapat menyebabkan penyebaran penyakit karena tumpukan sampah merupakan lingkungan yang baik bagi hewan penyebar penyakit misalnya nyamuk, lalat, tikus dan bakteri patogen.
3. Penyumbatan saluran air(penyebab banjir)
Sampah hasil rumah tangga dan jajanan yang dibuang tidak pada tempatnya, sehingga pada saat hujan datang sampah-sampah tadi terbawa air hujan kesungai sehingga sampah menumpuk di pintu sungai dan mengakibatkan banjir.
4. Dampak sosial terhadap lingkungan masyarakat
a. Kerukunan
Permasalahan sampah dapat merusak keharmonisan antar tetangga, misal ada salah satu keluarga yang mencemari lingkungan tempat tinggalnya dan tetangga yang lain tersinggung sehingga terjadi hubungan yang tidak harmonis.
b. Kesanggupan
Hendaknya setiap warga memiliki kesanggupan untuk memisahkan sampah antara yang terurai dan tidak terurai dan membuang sampah pada tempatnya serta menjaga kebersihan lingkungan.
5. Dampak sampah terhadap keadaan ekonomi
a. Memberi kesan yang buruk dan tidak indahnya kota sehingga berdampak negatif pada kepariwisataan
b. Sampah dapat menyebarkan berbagai penyakit sehingga masyarakat harus mengeluarkan uang untuk mengobati keluarga yang terkena penyakit yang disebabkan oleh sampah.

Friday, January 22, 2010

Kasus pembobolan ATM

Kasus pembobolan ATM bukan hanya terjadi pada saat-saat sekarang saja.
Pembobolan ATM sudah terjadi sejak bertahun-tahun yang lalu, bahkan uang yang dibobol sudah mencapai milyaran rupiah.
Semakin modern teknologi pengamanan bank pun semakin canggih begitu pula para hacker-hacker indonesia mereka belajar untuk memanfaatkan teknologi untuk menerobos pengamanan tersebut.
Seharusnya para aparat hukum juga harus lebih pintar untuk menangkap penjahat teknologi ini.
Kasus pembobolan ATM ini modusnya sama dengan pembobolan ATM yang terjadi beberapa tahun yang lalu.
Pelaku menaruh kamera kecil yang tertuju ke tempat kita mengetikkan nomer pin, dan memasang alat untuk mengcopy/menyalin data yang ada di kartu ATM kita ke kartu yang akan dibuat sang pelaku, alat ini dipasang pada mulut ATM (tempat memasukkan kartu ATM).
Dengan begitu sang pelaku langsung bisa mengambil uang korban dengan kartu barunya tanpa diketahui korban.
Dengan modos seperti itu seharusnya setiap penjaga mesin ATM harus memeriksa mesin tersebut setiap waktu untuk memastikan tidak adanya alat yang dipasang oleh para penjahat teknologi, sehingga pembobolan ATM dapat dikurangi, terkecuali para pelakunya berasal dari "orang dalam".
Untuk para nasabah Bank manapun seharusnya kalian belajar dari kasus seperti ini misal:
1. Memiliki beberapa Bank bukan hanya percaya pada satu Bank untuk menyimpan uang sehingga saat kemungkinan buruk datang uang anda tidak hilang semuanya.
2. Waspadah setiap mengambil uang di mesin ATM dengan cara menutupi tangan anda saat memasukkan nomer pin dengan benda yang lebar, karena kalau hanya dengan tangan kemungkinan masih bisa di intit oleh kamera tersembunyi misalnya dengan sapu tangan yang tidak transparan dan buku.
3. Jangan memasukkan kartu ATM jika dimulut mesin ATM ada benda yang mencurigakan.
Dengan demikian insya Allah kejadian buruk seperti di atas tidak terjadi pada anda, andaikan tetap terjadi relakan saja karena mungkin anda sendiri kurang sedekah pada orang miskin.

Untuk para aparat hukum khususnya polisi tetaplah semangat mengusut kasus ini dan saya yakin pihak kepolisian pasti bisa....!

Thursday, December 17, 2009

Pengaruh dan Manfaat Komputer bagi Anak

Pengaruh dan Manfaat Komputer bagi Anak

Manfaat komputer bagi kehidupan kita sangat banyak dan pengaruh komputer juga ada yang negatif dan positif. Manfaat komputer itu sekarang dapat diraskan oleh semua kalangan mulai dari instansi pendidikan sampai pemerintahan juga mengambil manfaat komputer.

Komputer telah menjadi bagian hidup dari masyarakat saat ini, tidak hanya orang dewasa, tetapi juga bagi anak-anak. Selain memiliki manfaat, komputer juga dapat memberi dampak negatif. Tentu saja amat dibutuhkan kepedulian orang tua dan juga para pendidik untuk mencegah anak terkena dampak negatif dari kotak canggih ini.

Kebanyakan orang tua saat ini merasa serba salah jika anak mereka bersahabat dengan komputer. Keinginan kuat agar anak mereka tidak gagap teknologi dan bisa lebih banyak belajar melalui komputer terkadang kendur ketika melihat dampak negatif yang sering ditimbulkan dari penggunaan komputer yang tidak tepat.

Nina Arman, seorang staf pengajar Jurusan Komunikasi FISIP UI, sebagaimana dikutip Hari dalam BalitaCerdas.com, mengemukakan bahwa kemunculan teknologi komputer sendiri sesungguhnya bersifat netral. Pengaruh positif atau negatif yang bisa muncul dari alat ini tentu saja lebih banyak tergantung dari pemanfaatannya. Bila anak-anak dibiarkan menggunakan komputer secara sembarangan, pengaruhnya bisa jadi negatif. Sebaliknya, komputer akan memberikan pengaruh positif bila digunakan dengan bijaksana, yaitu membantu pengembangan intelektual dan motorik anak.

Mangoenprasodjo dalam bukunya, “Pengasuhan Anak di Era Internet”, menulis banyak manfaat yang bisa diperoleh jika anak dikenalkan pada komputer sedini mungkin. Jika cara Anda benar, Anda tidak hanya membuatnya “melek” teknologi, namun komputer juga bisa mejadi media untuk mengembangkan cara berpikir dan memecahkan masalah serta kreativitas si kecil.

Sebenarnya, ketakutan akan dampak negatif yang ditimbulkan komputer tidak perlu terlalu menghantui para orang tua. Asal Anda dapat memberikan arahan dan bimbingan mengenai penggunaan komputer yang tepat kepada anak Anda, dampak tersebut dapat diminimalisasi.

Mari kita melihat beberapa manfaat komputer yang dapat ditimba dari penggunaan komputer.

1. Dengan menggunakan komputer, anak menjadi lebih senang belajar karena adanya perangkat lunak pendidikan yang diprogram sedemikian menariknya. Semakin anak tertarik akan program tersebut, semakin tertarik pula dia untuk belajar. Misalnya, perangkat lunak program pengetahuan dasar membaca. Anak akan lebih suka belajar membaca melalui program yang disertai gambar yang dapat bergerak dan bersuara, tulisan yang dapat membuka halaman lain, atau huruf-huruf yang dapat berubah-ubah warna daripada belajar membaca melalui buku yang itu-itu saja.
2. Selain program pendidikan, komputer juga menawarkan program aplikasi berbentuk permainan elektronik yang pada umumnya tidak secara khusus diberi muatan pendidikan formal tertentu. Permainan elektronik tersebut membantu anak untuk belajar bagaimana bertahan, membuat strategi, membangkitkan semangat kepemimpinan, dan bermain peran (role play).
3. Karena biasa menggunakan komputer, anak dapat mengoperasikan berbagai program olah kata dan angka. Para balita juga dapat belajar mengenal warna dan bentuk-bentuk melalui program pendidikan yang dioperasikan dengan komputer. Anak-anak dapat menjadi pandai dalam matematika lantaran sering berlatih dengan menggunakan bantuan komputer dan dapat memiliki banyak kosa kata dalam bahasa Inggris.
4. Secara tidak langsung, anak yang sejak kecil dibiasakan menggunakan komputer sedang dilatih suatu keterampilan yang amat penting bagi mereka saat mereka menginjak dewasa dan masuk dalam dunia kerja.
5. Selain manfaat umum, manfaat rohani juga bisa mereka dapatkan. Melalui komputer, anak Anda dapat belajar firman Tuhan dengan lebih kreatif. Perangkat-perangkat lunak pelajaran Alkitab untuk anak sudah banyak beredar di pasaran. Anda juga dapat mengunduhnya (download) dari internet. Biasanya, anak senang belajar Alkitab dengan berbagai macam alat peraga dan aktivitas di sekolah minggu. Karena sekolah minggu hanya ada satu kali dalam satu minggu, kita dapat menambah waktu mereka untuk belajar firman Tuhan dengan kreatif dan menarik melalui komputer. Dengan dukungan komputer sebagai alat peraga, anak akan lebih dalam lagi mengingat pelajaran yang mereka dapatkan.

Setelah mengetahui manfaatnya, tentu penting juga bagi kita untuk melihat dampak negatif apa saja yang dapat timbul dari penggunaan komputer. Tujuannya tentu saja bukan untuk melarang anak memakai manfaat komputer, melainkan sebagai acuan bagi para pendidik untuk lebih terlibat untuk membimbing dan mengawasi anak menggunakan komputer.

1. Salah satu dampak negatif yang diungkapkan Hari adalah kemungkinan besar anak mengonsumsi permainan elektronik yang menonjolkan unsur-unsur seperti kekerasan dan agresivitas tanpa sepengetahuan orang tua. Permainan beraroma kekerasan dan agresif banyak disinyalir oleh para pakar pendidikan sebagai pemicu munculnya perilaku-perilaku agresif dan sadistis pada diri anak.
2. Karena terlalu sering bermain komputer, anak-anak dapat kehilangan waktu untuk bermain dengan teman-temannya dan kehidupan sosialnya menjadi kurang seimbang.
3. Anak juga dapat menjadi malas membaca buku dan menulis karena banyak waktu yang dihabiskan di depan komputer. Prestasi di sekolah bisa menurun karena tugas-tugas yang tidak diselesaikan.
4. Akses negatif juga bisa didapatkan melalui internet. Mampu mengakses internet sesungguhnya merupakan suatu awal yang baik bagi pengembangan wawasan anak. Sayangnya, anak juga terancam dengan banyaknya informasi buruk yang membanjiri internet. Karena melalui internet berbagai materi bermuatan seks, kekerasan, dan lain-lain dijajakan secara terbuka dan tanpa penghalang.

Mengingat penggunaan manfaat komputer adalah sesuatu yang tidak bisa dihindari pada saat ini dan masa yang akan datang, anak tetap harus dikenalkan dengan komputer walaupun ada pengaruh yang tidak baik yang dapat ditimbulkan. Yang terpenting adalah bagaimana para pendidik dan orang tua dapat menjadikan komputer aman dan bermanfaat bagi anak.

1. Kenalkan komputer pada anak sesuai dengan usia mereka. Pengenalan bagi anak balita dapat dimulai dengan membimbingnya menyentuh komputer, memegang tetikus (mouse), mengetik huruf-huruf di kibor (keyboard). Anak-anak di atas usia balita dapat mulai diperkenalkan pada berbagai program komputer yang menarik bagi mereka, khususnya program yang bersifat edukatif. Pilihkan program aplikasi yang tepat bagi mereka. Jangan biarkan mereka membeli atau meminjam program tanpa sepengetahuan Anda.
2. Temani anak saat mereka menggunakan komputer. Arahkan dan bimbing mereka dalam komunikasi yang hangat. Ada baiknya menggunakan kata kunci (password) agar anak tidak menggunakan komputer tanpa pengawasan orang dewasa.
3. Buatlah kurikulum sendiri di rumah. Jangan perlihatkan semua program komputer yang akan Anda berikan kepada anak. Berikan satu per satu, tahap demi tahap. Jika memungkinkan, buat tes kecil untuk mereka. Jika lulus, barulah mereka boleh mencoba program yang baru. Dengan menyusun kurikulum sendiri, Anda dapat lebih selektif memilih program komputer yang tepat, aman, dan memenuhi kebutuhan anak.
4. Pendidik dan orang tua hendaknya terus mengembangkan pula kemampuan dan keterampilan dalam menggunakan komputer. Terkadang yang terjadi malah sebaliknya, anak sudah menjadi lebih “canggih” dari pendidik dan orang tua mereka. Hal tersebut dapat mengakibatkan pengawasan dan bimbingan menjadi terbatas pada kemampuan pendidik atau orang tua saja. Ikuti terus perkembangan di dunia komputer, bahkan sebelum anak tahu dari sumber-sumber lain, jadilah sumber pertama bagi mereka mengenai perkembangan-perkembangan tersebut.
5. Buatlah kesepakatan bersama anak mengenai apa yang boleh dan tidak boleh dilakukannya dengan komputer. Jangan membuat peraturan Anda sendiri. Libatkan anak agar dia juga dapat merasa bertanggung jawab untuk melaksanakan setiap peraturan yang sudah dibuat bersama. Beberapa contoh peraturan yang dapat dimasukkan dalam daftar misalnya, tidak boleh menggunakan komputer apabila tugas-tugas sekolah belum diselesaikan atau jika anak sedang dalam masa ulangan; jika masa sekolah, waktu untuk menggunakan komputer maksimal satu jam setelah semua kegiatan selesai, waktu yang lebih longgar dapat diberikan pada hari libur. Pengaturan waktu ini perlu dilakukan agar anak tidak berpikir bahwa bermain komputer adalah satu-satunya kegiatan yang menarik baginya. Pengaturan ini perlu diperhatikan secara ketat oleh pendidik, setidaknya sampai anak berusia dua belas tahun. Pada usia yang lebih besar, diharapkan anak sudah dapat lebih mampu mengatur waktu dengan baik.
sumber: anggitatwin.blogspot.com

So manfaat komputer yang banyak tersebut seharusnya digunakan dengan baik dan benar oleh anak-anak dengan kontrol dari orangtu atau guru.

Bagian-bagian Komputer

Kenal internet belum tentu mengenal bagian dari komputer. Apa saja sih yang disebut komputer itu. Disini akan dijelaskan dengan gambar.
Yang pertama, tentu saja bagian terpenting yaitu CPU (central Processing Unit), yang berfungsi sebagai otak tempat proses komputasi berlangsung. Lihat gambar dibawah ini.



Itu adalah tampak luar cpu atau kulitnya, sering juga disebut casing. Sedangkan didalamnya bermacam alat teknis berada disitu, mulai dari processor, memory, VGA, power supply dll. Tentu perlu pembahasan teknis untuk mengulas semua itu.

Nah, ini bagian inputnya yang terdiri dari keyboard dan mouse. Tahun 1990-an input device hanya berupa keyboard saja. Perkembangan selanjutnya mulai muncul mouse, pen (berbentuk pulpen). Saat ini sudah ada yang input device berupa sentuhan jari (touch screen) dan suara (kalima perintah). Yang umumnya dipakai untuk komputer rumahan adalah keyboard dan mouse. Fungsinya tentu saja untuk memasukan data.




Yang terakhir yaitu monitor, output sementara, karena hanya tampak buat sementara saja di layar. Fungsinya untuk melihat hasil input ataupun program yang sedang aktif.


Klasifikasi Komputer

Komputer Berdasarkan Data yang Diolah

Komputer Analog

Komputer ini merupakan komputer yang digunakan untuk menerima sinyal analog, biasanya digunakan untuk melakukan pengecekan untuk data yang tidak berbentuk angka, karena data yang didapatkan adalah data yang bersifat gelombang. Komputer ini biasanya digunakan untuk mempresentasikan suatu keadaan. Sebagai contoh, komputer ini digunakan untuk melakukan pengecekan suhu, penghitung aliran BBM pada SPBU, mengukur kekuatan cahaya, dan lain-lain. Komputer ini banyak digunakan untuk kegiatan ilmiah.

Komputer Digital

Komputer ini merupakan komputer yang kebanyakan yang kita kenal. Data yang diterimanya adalah data yang sudah berupa data digital. Sedangkan fungsinya digunakan untuk mengolah data yang bersifat kuantitatif dalam bentuk angka, huruf, tanda baca dan lain-lain.

Komputer Hybrid

Merupakan komputer yang memiliki kemampuan dari komputer analog dan komputer digital. Komputer jenis ini diperuntukkan untuk pengolahan data yang sifatnya baik kuantitatif maupun kualitatif, dengan perkataan lain data kuantitatif yang diolah menghasilkan data kualitatifnya dan sebaliknya.



Komputer Berdasarkan Penggunaanya

Special Purpose Computer

Special purpose computer berarti komputer untuk keperluan khusus. Komputer ini dirancang hanya untuk menyelesaikan suatu masalah tertentu. Perangkat yang ada pada komputer ini, baik komponen input, output, pemroses serta softwarenya telah dirancang untuk keperluan tersebut. Biasanya software yang mengendalikan proses sudah berada langsung pada sistem. Contoh dari Special Purpose Computer ini adalah komputer yang digunakan untuk kasir pada supermarket.

General Purpose Computer

Merupakan komputer yang dibuat untuk keperluan secara umum, sehingga komputer tersebut dapat digunakan untuk mengerjakan berbagai macam pekerjaan sesuai dengan kemampuan dan usernya. Personal Computer merupakan salah satu contoh dari kategori ini.



Komputer Berdasarkan Skala Kemampuannya

Berikut ini kategori komputer yang dilihat berdasarkan kemampuannya untuk memproses, baik dalam melayani user, pemrosesan aplikasi, dan kemampuan untuk melaksanakan tugas dalam banyak hal sekaligus pada saat bersamaan.

Small Scale Computer

Komputer skala kecil, merupakan komputer yang memiliki kemampuan proses dalam jumlah kecil. Komputer yang termasuk ke dalam kategori ini adalah komputer desktop atau komputer pribadi yang umumnya digunakan oleh satu orang pada satu saat.

Medium Scale Computer

Komputer untuk skala menengah. Komputer yang termasuk ke dalam kategori ini adalah komputer mini, yang biasanya melayani penggunanya pada dumb terminal .

Large Scale Computer

Komputer untuk skala besar. Komputer yang termasuk ke dalam kategori ini adalah komputer mainframe. Pada mesin tersebut dapat diakses beramai-ramai, dan sudah dilengkapi dengan perangkat dan software yang lengkap. Penggunaannya pun adalah untuk pengolahan perhitungan dengan kemampuan yang cukup rumit untuk diselesaikan oleh komputer medium dan small.



Klasifikasi Komputer

Klasifikasi komputer terbagi atas enam, yaitu:

1. Microcontroller

Microcontroller memiliki semua peralatan pokoknya sebagai sebuah komputer dalam satu chip. Peralatan tersebut diantaranya adalah:


*pemroses (processing)
*Memori,
*Input dan output
Kadangkala pada microcontroller ini beberapa chip digabungkan dalam satu papan rangkaian. Perangkat ini sangat ideal untuk mengerjakan sesuatu yang bersifat khusus, sehingga aplikasi yang diisikan ke dalam komputer ini adalah aplikasi yang bersifat dedicated. Jika dilihat dari harga, microcontroller ini harga umumnya lebih murah dibandingkan dengan komputer lainnya, karena perangkatnya relatif sederhana. Contoh alat ini diantaranya adalah komputer yang digunakan pada mobil untuk mengatur kestabilan mesin, alat untuk pengatur lampu lalu lintas.

2. Microcomputer

Komputer ini khususnya digunakan untuk single-user, biasa disebut juga dengan komputer desktop atau komputer pribadi (personal computer). Komputer ini sudah dirancang sedemikian rupa untuk mampu berinteraksi dengan penggunanya. Penggunaanya sangat populer pada penggunaan di rumah, atau untuk menjalankan aplikasi bisnis.

3. Engineering Workstation

Komputer ini lebih powerfull apabila dibandingkan dengan komputer pribadi, umumnya komputer ini digunakan untuk menjalankan aplikasi yang dipakai oleh para ahli teknik dalam melakukan perhitungan dan penyelesaian pekerjaannya. Aplikasi yang digunakan lebih cenderung kepada software yang banyak melakukan berbagai perhitungan, baik secara tiga dimensi, maupun secara matematika lainnya. Contoh aplikasi yang digunakan untuk komputer golongan ini adalah CAD (computer aided design) yang digunakan untuk melakukan perancangan gambar teknik.

4. Minicomputer

Komputer ini umumnya digunakan untuk banyak pemakai (multiuser) pada saat yang bersamaan, dan time shared. Time shared ini artinya memungkinkan komputer tersebut untuk digunakan oleh beberapa pemakai sekaligus secara bersama-sama, dan komputer akan membagi-bagi waktunya bergantian untuk masing-masing pemakai. Tentunya penggantian waktu layanan ini tidak terlalu terasa bagi pemakai, mengingat pembagian waktunya dihitung dalam waktu yang sangat sempit, atau dalam satuan perseribu detik, tergantung sistem yang digunakan.

Pelayanan pada penggunanya lebih dititikberatkan kepada proses, bukan terhadap interaksi pengguna komputer tersebut. Contoh komputer yang termasuk ke dalam golongan ini adalah IBM AS/400. Komputer ini lebih cenderung digunakan pada untuk suatu kelompok pengguna atau per departemen pada perusahaan besar.

5. Mainframe

Pada tahap awal mulainya era komputerisasi, mainframe merupakan satu-satunya komputer yang ada pada waktu itu. Mainframe ini dapat melayani ratusan penggunanya pada saat yang bersamaan. Komputer ini mirip dengan minicomputer namun lebih besar dan lebih mahal. Penggunaannya umumnya untuk pengolahan data dari suatu divisi atau perusahaan besar, yang membutuhkan pengolahan yang cukup berat.

6. Supercomputer

Komputer ini merupakan komputer yang powerfull yang ada. Aplikasi yang digunakan biasanya lebih cenderung untuk penelitian ilmiah. Komputer ini biasanya memiliki beberapa prosesor sekaligus untuk menjalankan tugasnya.